Thursday, December 21, 2006

 

Review Siska Utari

Siska Utari @http://siskautari.blogspot.com/2006_01_01_siskautari_archive.html

Lost in Teleporter

Buat yang blom pernah baca buku ini...buku ini bersetting masa depan gituh..dimana alat transportasi bukan lagi hanya yang tradisional beroda seperti jaman sekarang, tetapi sudah yang sangat - sangat modern dengan teleporter..Apakah teleporter itu? Hehe..makanya, baca bukunya ..Teleporter itu sebuah alat transportasi yang memungkinkan seseorang atau sesuatu berpindah tempat dengan kecepatan kilat gitu deh...
Nah, ceritanya teh..ada seseorang bernama Dewey yang berteleport ria trus tiba2 nyampe di tujuannya mukanya berubah...or tepatnya, hidungnya berubah...Waks!!!! Tentu saja dia bete karenanya (ya iya lah...siapa yang enggak? kecuali kalo hidung barunya membuatnya jadi tambah ganteng, alih2 malah jadi tambah aneh ) Trus, dia mendatangilah perusahaan jasa teleportasi itu untuk komplain tentang perubahan idung yang dia alami..yang ternyata diakibatkan oleh adanya 'bug' dalam perangkat lunak si teleporter itu...Nah, di situ Dewey ketemu seorang wanita cantik yang membantunya dalam usaha pencarian sang hidung sejati...yang kemudian membawanya ke dalam pencarian yang lain - lain selain idung...Apakah itu? Huehehehe...makanya...beli trus baca sendiri Ha...

Sekarang reviewnya....(sesuai janji sama Iya, review ini saya buat dengan obyektif...sejujur-jujurnya):

Menurut saya buku ini cukup seru...Asyik juga ngebacanya, walopun awal2nya rada2 bored, tapi lama2 saya terpukau dengan kejutan - kejutan yang dibikin Iya di dalemnya.Tapi, secara bukunya futuristik & IT banget, kayanya akan lebih seru kalo bukunya bahasa Inggris kali ya...jadi istilah2 IT-nya nggak perlu terdengar (atau terbaca) aneh karena musti diterjemahin ke bahasa Indonesia...Saya lebih familiar ama software daripada perangkat lunak...atau wormhole daripada lubang cacing Hmm, tapi kayanya Iya (atau editornya) agak2 kurang teliti juga...istilah2 IT diterjemahin ke bahasa tapi smartphone tetep disebut smartphone...apa karena lebih lazim? Tapi kan software juga lebih enak didenger daripada perangkat lunak, at least di telinga orang awam seperti sayah
Secara konsep ceritanya seru...bikin terperangah, cuman entah kenapa saya agak2 nggak suka ama karakter Nilam, ceweknya Dewey...kayanya aneh aja gitu..kesannya cewek yang 'baek-baek', alim, lemah lembut dsb tapi dia gampang banget berpindah ke lain hati cuma karena mimpi...kontradiktif banget gitu lho....Tapi mungkin itu kali ya yang bikin ceritanya jadi menarik...ujung2nya jadi un'tebak'able gitu...alias gak gampang ditebak...Trus, satu lagi yang terasa kurang sreg...kenapa disebutnya "kehilangan hidung?" Pada awal2 baca, kehilangan hidung" saya tafsirkan sebagai kehilangan hidung...maksudnya mukanya jadi noseless gitu...tapi pas tau kalo masih ada idungnya (walopun berubah) saya jadi mikir...pasti idung ketuker neh sama seseorang....dan ternyata emang bener! Tapi kenapa perlu waktu lama bagi para 'ilmuwan' di TeleportResearch untuk menemukan kemungkinan tersebut? Dan juga menemukan kemungkinan bahwa bisa jadi ada orang lain yang ber-teleport di waktu yang sama dengan Dewey dan akhirnya idung mereka ketuker...Secara tahun 2101 gitu lhoh..mustinya kan mereka lebih 'canggih' cara mikirnya daripada jaman sekarang...jadi mustinya juga, dalam waktu kurang dari sehari problem fixed..wong kemungkinan itu aja dengan cepet kepikir ama saya kok, begitu tahu kalo ada possibility bug dalam program teleporting...hehe sorry 'Ya!
Ada juga detil yang lucu2 dalam novel itu yang kayanya seru kalo terimplementasikan (selain teknologi teleporting sendiri) seperti henpun yang sekecil giwang atau bros..(hmmm, gimana makenya ya?) heuheuheu
Oya, sama satu lagi...Foodteleport (eh...bener gak sih istilahnya? lupa saya...abis novelnya ketinggalan di rumah sih )..duh..I wish deh ada gadget seperti itu dirumah saya nantinya...kan enak banget tuh...gak perlu telepon buat pesan antar....hehehe
Generally, saya enjoy baca novelnya Iya...banyakan serunya daripada 'aneh'nya...dan kalopun emang ada yang 'aneh' ya wajar..karena settingannya kan future gitu...jadi blom ada yang punya referensi yang paling pasti tentang idealnya sebuah masa depan..Semua tergantung khayalan tiap individu masing2...Khayalannya Iya sudah pasti nggak sama dengan khayalan saya...Saya cuma mentok nyampe mobil terbang kaya di komik2, Iya udah nyampe teleport ...Yang jelas, selamat deh buat Iya...novelnya menghibur banget...bikin terkaget - kaget...Ohya, kalo saya nggak 'kenal' siapa Iya, atau seandainya Iya pake nama T. Barmawi, pasti saya akan berpikir kalo yang ngarang novel ini cowok..abis gaya bahasanya, gaya penuturannya...macho banget..cowok banget...jelas2 bukan chicklit banget deh...bagus..bagus...(dengan gaya Pak Tino Sidin )

Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?